Wednesday, July 20, 2016

Potensi Hasil Desa Sektor Pertanian

PERTANIAN

   Terdapat beberapa penggolongan atau penklarifikasian jenis atau fungsi dari tanah di daerah desa Lembung Paseser, yaitu tanah sawah seluas 174,25 ha, tanah kering yang tediri dari pekarangan seluas 25 ha, dan tegal atau kebun seluas 43 ha.    Berikutnya tanah keperluan fasilitas umum seluas 0,2 ha terdiri dari lapangan olahraga seluas 0,1 ha, dan kuburan 1 ha.
Adapun urutan jenis hasil tani berdasarkan hasil observasi dan penyebaran angket antara lain:



  • Padi
     Tanaman padi yang dibudidayakan di Desa Lembung Paseser tergolong cukup banyak. Padi termasuk jenis pangan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun satu hal yang berbeda dari yang lain yaitu sistem atau cara tanamnya. Masyarakat disini masih menjalankan budaya tani yang tradisional dengan pengetahuan yang masih sederhana, namun ada pula yang mengggunakan mesin bajak itupun apabila tergolong petani yang lebih berada dari segi ekonominya namun mayoritas masih bersifat konvensional dan tradisional. Mereka kurang memperhatikan jarak tanam, tekstur tanah subur yang tepat, dan masa perawatan.

Gambar : Kondisi Ladang Padi Di Desa Lembung Paseser
  • Jagung
      Jagung termasuk dalam hasil pertanian jenis palawija. Mayoritas hasil panen ini dijual kepasar, dikonsumsi sendiri, ataupun dibuat pakan ternak seperti ayam. Tanaman jagung yang tumbuh nampak kurang sehat, daun-daunnya sedikit kering dan layu, jarak antara tanaman satu dengan yang lain sangat sempit. Sehingga perkembangan bijinya kurang maksimal. Tapi bijinya tidak terlalu kecil dan memiliki bobot yang lebih berat karena cukup dalam menyerap kandungan air.
Gambar : Ladang jagung di Desa Lembung Paseser
  • Kacang tanah
   Tanaman kacang yang dibudidayakan di Desa Lembung Paseser biasanya tanaman yang sering digunakan adalah kacang dan jagung. Sehingga untuk pengentasan dan pencegahan terhadap penyakit tanaman lebih sulit karena akan berbeda jenis hama serta kurangnya sinar matahari secara langsung untuk tanaman kacang.
Ladang kacang tanah di Lembung Paseser

No comments:

Post a Comment